Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara mudah buat blog di blogger

1. Buat Email Gmail terlebih dahulu, bila belum tahu caranya, silahkan baca cara menciptakan email baru gmail Indonesia. Kenapa wajib menggunakan Email Gmail ? Kenapa tidak menggunakan Email Yahoo ? Kita memahami bahwa Blogger

2. Ketik di browser Anda, www.blogger.com kemudian tekan ENTER. Akan terbuka menu baru untuk login ke blogger.

3. Silahkan isikan EMAIL Anda dan PASSWORD yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian tekan ENTER atau klik Sign In. Perhatikan juga huruf-huruf yang digunakan, Karena login sangatlah sensitif, Bila ada 1 huruf saja yang tidak sama persis maka tidak akan bisa login.

4. Akan terbuka layar baru , klik saja kotak bertuliskan "Blog Baru" kemudian tekan ENTER

5. Anda akan memasuki layar baru, silahkan isi JUDUL BLOG, buatlah judul yang sesuai dengan thema blog, upayakan jangan terlalu panjang.

6. Isi alamat blog Buatlah alamat blog yang tidak terlalu panjang agar mudah mengingatnya, kapasitas yang diijinkan adalah 15 karakter lebih dari itu tidak akan bisa. Jika alamat blog yang anda ketikan belum ada yang miliki / gunakan maka akan tampil "alamat ini tersedia" , tetapi jika alamatnya sudah ada yang menggunakannya maka akan ada pesan " maaf, alamat ini tidak tersedia" dan tanda seru (!) berwarna kuning maka Anda harus mencoba alamat baru lagi. Tips : jika tidak memungkinkan Anda bisa menyisipkan angka atau tanda strip ( - ).

7. Setelah menemukan dan mengisi alamat yang cocok , maka lihat ke bagian bawah dan pilih TEMPLATE yang menurut selera Anda. Pilih salah satu yang sesuai dengan keinginan kemudian klik saja "buat blog!", Karena Anda baru belajar cara membuat blog maka saran saya gunakan yang pertama ( tipe sederhana) saja, template ini berfungsi sebagai tampilan atau boleh dikatakan sebagai kulit dari sebuah blog. Nantinya template ini dapat Anda ganti sesuai dengan kehendak.

Nah, Sampai di sini cara membuat blog sudah selesai, Tunggu dulu ...!! Blog Anda belum didaftarkan ke mesin pencari,.. Tapi ... Perlukah Mendaftarkan Blog ke Mesin Pencari Google ? Begini...Blog yang sudah Anda buat belumlah bisa terbaca oleh search engine (mesin pencari) Google jadi tidak akan bisa ditemukan bila Anda atau seseorang mengetikkan alamat blog Anda Karena itu Anda perlu mendaftarkan blog ke mesin pencari terlebih dahulu.

Caranya:

1. Ketikkan di browser https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url dan ENTER.

2. Masukkan USERNAME dan PASSWORD jika diminta

3. Masukkan alamat blog yang sudah dibuat

4. Masukkan teks yang terlihat pada bidang kosong bertuliskan 'Ketik teks' 5. Klik 'Kirim Permintaan' Karena artikel ini untuk blogger pemula yang sedang belajar cara membuat blog gratis maka sebelum mulai menulis ada baiknya perhatikan fungsi dari icon-icon yang ada di editor menulis.

Tips Menulis Artikel Berkualitas

Menulis di artikel tidaklah sama seperti menulis di buku.... Tetapi sama sama memiliki hal yang sama yaitu untuk dibaca manusia., jadi setelah Anda belajar cara membuat blog ... kini Anda juga harus tahu cara menulis artikel berkualitas , Silahkan disimak tips-tips berikut ini :

1. Perhatikan karakter pembaca, anak-anak, anak muda, wanita dewasa atau laki-laki dewasa, Target usia pembaca yang berbeda .. akan berbeda pula cara nulis artikel .. maksudnya gaya bahasanya. Misalnya target audience Anda adalah anak muda maka gunakanlah bahasa anak muda yang santai... biasanya kalau anak muda mendapatkan bahasa yang kaku akan cepat kabur dari blog Anda he he he Kalau target nya anak-anak tentu lain lagi bahasa yang digunakan... Jadi sangat penting memikirkan target pembaca untuk menyesuaikan isi artikel saat menulis artikel menggunakan gaya penulisan.

2. Tulislah agar enak dibaca, tidaklah perlu menggunakan EYD seperti masa sekolah

3. Saat menulis jangan memikirkan SEO, Menulis secara alami saja

4. Dalam satu paragraf sebaiknya berisi 2 hingga 4 baris, kalau bisa jangan lebih dari 25 kata

5. Tambahkan gambar terkait yang menarik

6. Berikan Title text dan alt text pada setiap gambar

7. Tambahkan data-data pendukung

8. Perhatikan model font, ukuran huruf, jarak antar baris (jangan menggunakan yang sulit untuk dibaca)

9. Fungsikan Subheader untuk memperkecil artikel yang panjang

10. Periksa kembali artikel sebelum melakukan publikasi. sampai di sini dulu artikel cara membuat blog gratis sendiri untuk blogger pemula, Semoga dapat memberikan Anda manfaaat. Selamat ber-blogging.dan salam sukses.

Sumber://strukturkode.blogspot.com

Posting Komentar untuk "cara mudah buat blog di blogger"